Bagaimana Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

by | Sep 18, 2020 | Artikel | 0 comments

INVESTASI, UMKM, BISNIS START UP KUNCI UTAMA PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA DI MASA DEPAN

Oleh Prof.Dr.laurence A Manullang

INVESTASI ADALAH PILAR PENTING

Ekonomi global yang pada akhirnya akan menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan terjadi pada tahun depan. Proyeksi pesimis kinerja pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan tersebut diindikasikan oleh langkah Bank Dunia yang hingga kini sudah tiga kali melakukan penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada pada tahun 2020.

Visi Indonesia Maju 2045 dengan melabuhkan Indonesia menjadi negara yang memiliki pendapatan Rp. 320 juta per kapita per tahun, dengan PDB (Produk Domestik Bruto) mencapai 7 trilliun dollar AS, sejatinya merupakan visi besar dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil and makmur.

Visi Indonesia maju tersebut sekaligus menjadi langkah strategis Indonesia sebagai 5 (lima) besar ekonomi dunia tertinggi dengan PDB terbesar kelima di dunia mampu naik dari kelas pendapatan kelas menengah tinggi suatu peringkat yang telah dicapai saat ini.

Salah satu yang menjadi pilar dalam menggapai visi besar Indonesia Maju 2045 mendatang adalah memastikan berbagai langkah strategis dalam penyiapan mendatangkan investasi ke Indonesia, hal ini diperlukan karena investasi sangat berperan dalam membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Untuk menggalakkan investasi itu terletak pada tingkat kemudahan yang tercipta  yang sangat kondusif bagi investor menanam investasi di Indonesia. Kemudahan itu haruslah lebih menarik dari apa yang ditawarkan oleh negara-negara lain agar Indonesia menjadi pilihan pertama untuk menanamkan investasinya.

Pada saat ini kemudahan berinvestasi di Indonesia berada pada peringkat ke 73 dan peringkat ini masih kurang kondusif bagi investor datang menanamkan modalnya di Indonesia sebab ada negara yang lain yang mampu menciptakan iklim dan daya tarik yang lebih kondusif untuk berinvestasi di Indonesia. Terbukti bahwa tidak ada satupun dari 33 perusahaan yang keluar dari Tiongkok yang memilih Indonesia untuk relokasi mereka dan para investor memilih Vietnam dan Malaysia.

BKPM saat ini telah melaksanakan berbagai perubahan yang mendasar dalam menangani investor. Salah satu langkah yang diprioritaskan BKPM untuk mewujudkan tingkat kemudahan berinvestasi di Indonesia adalah memotong dan memangkas setiap regulasi yang menghambat prose investasi di Indonesia. Bahkan BKPM pun telah berhasil memangkas prosedural yang terlalu banyak di Kementerian dan Lembaga terkait.

Yang paling menghambat adalah dengan adanya 1500 Surat Keputusan Menteri (SK Menteri) yang menghambat proses perijinan  dan berdampak pada kemudahan berinvestasi di Indonesia. Dari 1500 SK Menteri itu, BKPM telah berhasil memangkas menjadi tinggal 298 SK Menteri yang harus dibenahi oleh BKPM untuk mempermudah berinvestasi di Indonesia Akibat dari hambatan ini investasi existing bernilai Rp 708 triliun yang sudah exist dua atau tiga tahun yang lalu hingga kini baru 127 triliun terselesaikan.Sedang target yang harus di capai BKPM diberikan oleh Bappenas sebesar Rp 886 triliun untuk tahun 2020. Pencapaian target ini sangat penting sebab kalau target ini dapat dicapai maka dapat diyakini bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepan masih bisa berada di sekitar 5 %.

Dalam kaitan ini BKPM mendapat tugas dari Presiden lewat Inpres No. 7/2019 yang memuat empat kewajiban BKPM, Pertama, BKPM mendapat pelimpahan juga dari Kementerian Lembaga terkait dengan perijinan usaha. Selama ini kalau ada investor yang ingin memproleh izin usaha, dia harus mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara On line Single Submission (OSS) dari Kementerian Lembaga terkait. Setelah itu investor harus keliling yang melelahkan ke Kementerian Lembaga terkait tersebut untuk mendapatkan Notifikasi. Mendapatkan Notifikasi memakan waktu yang lama dan melelahkan malah itu juga dianggap sama berat nya dengan perizinan.

Kedua, BKPM ditugaskan untuk membuat NSPK, Norma, Standard, Prosedur dan Kriteria. NSPK ini penting. Pasalnya, jika ijin usahanya diberikan BKPM tapi NSPK nya masih di Kementerian Lembaga maka BKPM tidak bisa mengontrol untuk membuat berbagai persyaratan tambahan guna atau mengurangi persyaratan tambahan guna mendapatkan ijin tersebut.

Sering persyaratan berkedudukan sama dengan perijinan dan itu yang menghambat proses penerbitan ijin yang sebenarnya.

Ketiga, dalam proses penerbitan ijin usaha dalam rangka merealisasikan investasi tersebut BKPM juga diberi tugas menerbitkan insentif fiskal termasuk Tax Holiday.

Keempat, BKPM diwajibkan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan berbagai program yaitu guna menopang terwujudnya transformasi ekonomi tersebut tiga bulan sekali.

ONE STOP SERVICE

Nampaknya situasi itu belum kondusif, walaupun Notifikasi itu di terbitkan oleh BKPM akan tetapi NIB masih Kementerian Lembaga yang terbitkan, dan adalah lebih efisien kalau semuanya yang berhubungan dengan investasi di lakukan dan diterbitkan oleh BKPM  termasuk NIB.

Semua Kementerian dan Lembaga terkait mendelegasikan perwakilannya ke BKPM agar BKPM dapat berfungsi sebagai ONE STOP SERVICE, dan penyelesaian semua pendaftaran diatas perijinan hanya di keluarkan BKPM saja, dan semua progress report mengenai pendirian Invesr itu hanya dilaporkan melalui on line saja, agar waktu menguber persetujuan investasi itu dapat dipersingkat supaya jangan sempat para investor itu digoda oleh negara lain mengalihkan investasi itu ke negara mereka.

Disamping itu BKPM dapat mewujudkan transformasi ekonomi ini secara mulus,maka BKPM sangat perlu menyambut kedatangan para investor dengan karpet merah. Pelayanan dari bawah ke atas harus ramah. Jangan ada usaha langsung atau tidak langsung mendambakan kutipan atau apapun namanya biar sedikit karena bagi pengusaha ini sangat sensitif.

Suatu pengalaman faktual dapat diuraikan yang terjadi pada masa yang lalu.Waktu ada tekanan Cina daratan pada Taiwan maka pengusahaTaiwan ingin menyelematkan investasi mereka dengan cara merelokasi perusahaan mereka. Para pengusaha ini telah mengantongi 3  negara sebagai calon untuk merelokasikan investasi mereka yaitu Kanada, Australia dan Indonesia.

Suatu saat tiba giliran saya sebagai Vice President  International Association of Financial Executives Institutes  Sedunia, mengadakan itenerary plan ke Taiwan, dan anggota Financial Executives di Taiwan sebanyak 400 eksekutif menggelar luncheon discussion dimana saya di daulat sebagai Guest Speaker dengan topic, “Which Country is more condusive to relocate our business between three countries are Canada, Australia and or Indonesia.

Sebagai orang Indonesia walaupun memegang perekat international man, saya menjelaskan dengan penuh keyakinan bahwa Indonesia is best country to invest. Ada hadirin yang menanyakan pada saat tanya jawab, tanyanya, bahwa di Indonesia terlalu banyak pungli oleh raja kecil sampai raja besar. Saya yakinkan mereka itu tidak ada dalam wilayah Investasi, sebab Presiden RI telah menjaminnya.

Mereka terharu dan tertarik,dan memutuskan untuk berkunjung ke Indonesia menyaksikan secara langsung bagaimana iklim berusaha di Indonesia. Mereka sepakat 100 pengusaha berkunjung ke Indonesia, dan minta saya menyambut mereka di airport.

Pada hari yang dijadwalkan mereka datang  ke Indonesia, dan sayapun menantikan mereka di Airport. Namun ada satu keheranan  terjadi, setelah mereka keluar melalui Immigrasi Bea Cukai, dan dengan wajah berseriseri saya mengucapkan selamat datang pada mereka, namun mereka tidak menyambut sambutan saya itu malah mereka diam dan dingin.

Setelah saya selidiki apa yang terjadi, suhunya melaporkan bahwa setiap orang dari mereka diharuskan menaruh usd 100 di passport mereka pada saat melewati immigrasi untuk mencap passport mereka. Dan mereka tidak suka itu, dan itu merupakan pertanda yang jelek, dan akibatnya mereka besoknya kembali ke Taiwan dan memutuskan untuk merelokasi badan usahanya ke Australia Barat  wilayah Adeleide.

Pengusaha sangat sensitif atas kutipan walaupun sedikit kalau tidak tepat alasan kutipan itu, hal itu bisa  sebagai alasan untuk membatalkan big deal bagi pengusaha.

Hal hal seperti ini harus dihindari petugas BKPM atau instansi yang terkait dalam realisasi Investasi ini

LINGKUNGAN STRATEGIS

Perang dagang Amerika Serikat dengan Cina nampaknya masih jauh redanya. Malah berkembangnya Politics Titghening yang disponsori Amerika dan Inggris, versus Economic Tightening yang dipelopori China dengan 70 negara mitranya rekonsiliasi antara Amerika dan Tiongkok makin jauh. Ditambah dengan Brexit yang tidak selesai-selesai seiring dengan pertumbuhan ekonomi Eropa yang masih belum menggembirakan. Itu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Jerman yang terus terpangkas dari 1,5 % menjadi hanya tinggal 0,6 % saat ini.

Suatu breaking news terakhir telah menjadi viral dengan di posisikan Bil Gates sebagai prime suspect tentang Covid 19 nampaknya penanggulangan Covid 19 semakin sulit kalau ternyata microsoft telah digunakan sebagai kendaraan penyeberannya.

Pertumbuhan ekonomi India yang biasanya mencapai 6 % sedang terpuruk.Bahkan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5 % saja, India akan mengalami kesulitan pada tahun 2020. Pertumbuhan ekonomi China akan mengalami sedikit koreksi pada tahun depan

Di Amerika Latin, masalah perekonomian Venezuala yang seharusnya telah selesai dan akan menstabilkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Amerika Latin ternyata tidak berjalan mulus. Pasalnya isu Presiden Bolivia, Evo Morales yang terpilih kembali untuk jabatan pemerintahan yang kempat kalinya itu mengganggu pertumbuhan ekonomi Bolivia yang berdampak besar terhadap peertumbuhan ekonomi Amerika Latin. Masalah tersebut makin melebar setelah Mexico dan Brazilia berencana memberikan suaka politik bagi Morasles.

Kondisi Timur Tengah juga tidak jauh berbeda.

 Tentang Indonesia sebenarnya ada dua komponen  yang akan menjadi prioritas utama dalam membantu menaikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu investasi dan ekspor, namun kondisi eksternal yang tidak kondisif membuat tingkat kontribusi ekspor tidak akan maksimal. Ekspor masih kurang kondusif melihat kondisi eksternal yang sedang tidak mendukung eksport karena masih melemah kondisi global.

Juga bila di lihat indikator ekonomi bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di dominasi oleh konsumsi rumah tangga kini konsumsi rumah tangga itu tidak akan bisa tumbuh cepat hanya tumbuh stabil.

Secara trend konsumsi rumah tangga masih menopang pertumbuhan produk domestik bruto(  PDB) Indonesia pada kwartal pertama 2020. PDB tumbuh 4.5 % pada kuartl OI/2020 ditopang oleh konsumsi rumah tangga 55 %, konsumsi pemerintah 20 % investasi langsung 25 % dan net eksport 10 % .

Secara sektoral pertumbuhan ekonomi kuartal I/2020 tetap dimotori oleh sektor-sektor tradisional yang produktif, yaitu manufaktur, perdagangan, transporatasi dan komunikasi.

Wabah Covid 19 yang menyebar hingga keseluruh negara belum menjadi masalah yang serious di kuarta pertama, sehingga masih berpeluang tumbuh dikisaran 4.5 % Kemudian kebijakan social and physical distancing dilakukan oleh pemerintah pusat pada bulan Maret 2020 juga belum banyak berdampak sehingga aktipitas ekonomi selama kuartal pertama masih relatif normal.

Namun mulai kuwartal ketiga pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai menukik kebawah, dan  baru akan naik pada kuartal ke 4 dengan asumsi pandemi covid 19 mulai normal bulan juli, tetapi ini akan berobah sebab kini bulan september pandemi Covid 19 masih belum kembali menuju the real normal, dan tentu trend penurunan pertumbuhan ekonomi itu akan bergeser lagi. Sehingga tidak bisa diharapkan konsumsi rumah tangga sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi itu kalaupun sektor itu bertumbuh hanya  bertumbuh stabil.

Maka sektor yang paling diharapkan untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah Investasi. Jika investasi meningkat maka akan berdampak signifikant pada bidang lain seperti pengurangan angka kemiskinan dan penurunan jumlah pennggangguran sebab investasi akan menciptakan lapangan kerja.

PERAN UMKM BAGI PEREKONOMIAN NASIONAL

Kontribusi UMKM dalam perekonomian nasional mencatatkan diri dalam perekonomian Indonesia sangat berarti. Lebih dari 90 % tenaga kerja Indonesia bekerja pada sektor UMKM. Misalnya pada tahun 2017 kontribusi UMKM pada tahun 2017 mencapai 60,34 persen,dengan memperkerjakan  116 juta dari 137 juta tenaga kerja,dimana pada tahun2 berikutnya 2018, 2019 jumlah ini makin bertambah.

UMKM terbukti tahan resesi kalaupun tidak bisa bertumbuh tetapi mampu bertahan berhasil menjadi payung bagi Indonesia menghadapi badai ekonomi. Namun besarnya peranan UMKN bagi perekenomian Indonesia tidak sejalan dengan kisah suksesnya UMKM, karena sangat sulit UMKM naik kelas dan dapat bersaing pada level yang lebih tinggi.

Sebagai penggerak motor perekonomian nasional, UMKM di Indonesia ternyata sulit berkembang. Terbatasnya akses, pembiayaan dan pemasaran, serta tidak terintegrasinya rantai pasok ke sektor industri menyebabkan UMKM tidak kunjung naik kelas.

Tidak hanya itu puluhan juta UMKM di dalam negeri rupanya baru menyumbang kurang dari seperllima dari total ekspor dibanding dengan negara negara maju seperti Jepang UMKM mampu diandalkan sebagai penopang kegiatan ekspor.

Mendorong UMKM untuk naik kelas adalah langkah konkret dalam membangun perekonomian. Salah satunya melalui upaya pembiayaan yang mampu mensupport terhadap UMKM dan perluasan pasar ekspor.

Sebagai penopang perekonomian sudah seharusnya UMKM diberdayakan agar pertumbuhan ekonomi semakin berkualitas dan diharapkan menjadi solusi bagi kesenjangan ekonomi. Dalam menjawab tantangan tersebut Bank BRI selangkah didepan dalam memberikan perhatian kepada UMKM agar lebih maju dengan mendorong produk UMKM agar berdaya saing di tingkat nasional maupun global, dalam bentuk dukungan diberikan dengan memberikan kemudahan akses pembiayaan.

Langkah pertama kredit UMKM rp 701 triliun atau 78 persent dari total kredit rp 903 triliun. Kedua pada tahun 2019 nasabah UMKM naik kelas sebanyak 1,2 juta nasabah. Bila diakumulasikan sejak 2017, total nasabah yang sudah yang sudah naik kelas sebanyak 5,5juta nasabah.

Dalam upaya memperluas pasar, BRI menggelar UMKM Export BRILian Peneur 2019. Pameran yang berlangsung di bulan Desember 2019 menampilkan produk dari154 UMKM binaan Bank BRI dan Rumah BUMN (RKB).

Event itu merupakan upaya mempertemukan pelaku UMKM dengan pembeli dari luar negeri. Tujuannya untuk mendorong UMKM untuk tidak hanya naik kelas, tapi bisa membuka pasar ekspor  dan UMKM dapat mengikuti  layanan konsultasi seputar bisnis, branding, packaging, perizinan ekspor, hingga perizinan sertifikasi halal.

Dalam acara tersebut BRI juga mengadakan sesi khusus untuk mendorong pengembangan industri halal di Indonesia melalui program-program pendampingan, termasuk memberikan informasi seputar pengurusan sertifikasi halal kepada UMKM binaan BRI melalui BRI Syariah.

Ada juga business matching. Kegiatan ini mempertemukan antara calon pembeli dengan pelaku UMKM. Mereka bikin janji, BRI fasilitasi kira-kira mau produk apa dan UMKM memasok apa.

Sasaran BRI adalah pasar ekspor untuk UMKM menjadi target utama. Saat ini sudah ada 154 pelaku UMKM binaan BRI yang telah mengadakan ekspansi penjualan produk ke mancanegara.

Langkah BRI berkembang dalam membantu UMKM berkembang tidak hanya disitu saja. BRI juga memberikan bantuan pemberdayaan dengan membangun rumah kreatif. Langkah tersebut sebagai inkubator agar UMKM bisa nak kelas yang diikuti oleh 366 ribu peserta.

Tujuannya agar UMKM tidk hanya naik kelas, tapi juga mampu bersaing di pasar global. Sebanyak 1,55 juta nasabah BRI ikut dalam kegiatan selama tiga hari yakni coaching clinic, branding, packaging, agar bisa berorientasi akspor dan mendapatkan lisensi produk halal.

Program seperti ini sepatutnya diikuti oleh bank lain seperti BNI dan Bank Mandiri dan juga perusahaan BUMN dan perusahaan swasta besar lainnya untuk mengembangkan UMKM dengan menjalin suatu interindependency business link dengan UMKM seperti dilakukan di Jepang.

Misalnya sebuah perusahaan lokomotif, dijalin kemitraan dengan UMKM produsen baut yang digunaka dalam pabrik otomatif itu, otomotif ini hanya bisa menyelesaikan produk nya apabila UMKM produsen baut ini menyelesaikan produk baut pesanannya, dengan demikian terjalin suatu ke saling tergantungan antara perusahaan besar dengan UMKM, demikian segmentasi bisnis lain.

Perusahaan BUMN misalnya dianjurkan untuk mengisihkan 5% dari profitnya untuk mengembangkan UMKM yang berhubungan dengan produk mereka, maka tidak terlalu lama UMKM bukan saja mampu memberikan sumbangan lebih besar lagi ke pertumbuhan ekonomi nasional juga akan mampu naik kelas menjadi perusahaan besar seperti yang terjadi negara negara industri di Eropa dan negara negara new emergency forces di Asia.

PALING SEDIKIT SEPULUH PERMASALAHAN UMKM DAN CARA MENGATASINYA

Jumlah UMKM di Indonesia terus bertambah setiap tahun. Di tahun 2018 saja jumlah UMKM diperkirakan 58.97 juta orang. Bahkan angka ini diprediksi terus meningkat di tahun tahun berikutnya.

Peningkatan jumlah UMKM ini membawa pengaruh yang cukup baik bagi perekonomian di Indonesia. Mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga peningkatan produk domestik bruto (PDB) yang cukup besar yaitu mampu mencapai 60,334 persen di tahun 2018 dan angka itu bertambah di tahun 2019 dan juga diperkirakan sekitar jumlah itu masih bertahan di tahun 2020.

Pemerintah telah berhasil mengidentifikasi potensi UMKM ini dan pemerintah sangat memperhatikanya dengan  memberikan keringanan bagi grup ini misalnya menurunkan pajak jadi 0,5 % agar sektor ini makin menggeliat semakin berkembang.

Namun penurunan pajak ini belum bisa membebaskan pengusaha UMKM dari segala permasalahan UMKM yang membelitnya. Karena berdirinya usaha UMKM itu sebenarnya hanya berdasarkan spontanitas dan kemauan sesaat yang menggebu gebu tanpa diawali suatu studi atau pertimbangan bisnis yang professional atau business sense sehingga gampang stagnasi menghadapi problem yang berkembang dalam dunia usaha ini.

Kali ini Busines Service dan Consultasi IBEK Intermezo sebuah lembaga studi bisnis telah mengadakan studi, bahwa paling sedikit ada 10 permasalahan krusial yang paling sering dialami pengusaha UMKM dan dicoba mencari cara mengatasinya sebagai berikut.

1. Minimnya Modal Usaha Jadi Permasalahan Yang Paling Mendasar

 Permasalahan UMKM paling utama adalah minimnya modal usaha. Akibatnya para pengusaha UMKM tidak bisa menaikkan jumlah produksinya untuk mencapai omzet yang lebih besar.

Ide bisnis baru untuk perluasan usaha yang kerap kali harus disingkirkan jauh-jauh karena permasalahan yang satu ini. Para pengusaha UMKM seringakali kesulitan dalam mencari modal pembiayaan dari bank, karena banyaknya persyaratan yang belum terpenuhi.

Cara mengatasinya: Sebenarnya bukan hanya bank yang jadi sumber  modal kerja untuk pembiayaan masih ada lembaga pendanaan yang menawarkan modal kerja berbisinis yang menawarkan sistem equity crowd funding. Melalui fasilitas ini pengusaha bisa mendapatkan modal usaha dari orang-orang yang berminat untuk membiayai suatu usaha, termasuk skala kecil UMKM.

Tentu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi tetapi tidak seribet yang ditawarkan oleh bank. Lembaga pendanaan yang siap bermitra ini dapat di kunjungi di website penggalangan modal usaha bersangkutan dan dapat di gali informasi untuk memperoleh nya. Pertanyaan adalah sering pengusaha UMKM tidak memiliki kemampuan dan kepercayaan berhubungan dengan lembaga seperti ini karena mareka terlanjur hanya mempercayai Bank sebagai sumber pendanaan.

2.Kurangnya Inovasi Produk

Dalam meningkatkan daya saing bisnis UMKM sering mengalami kendala dalam melakukan inovasi. Saat ini jumlah produk UMKM yang mapu menembus pasar internasional masih sangat sedikit sekali. Salah satu penyebab sulitnya produk UMKM bersaing di pasar manca negara adalah karena rendahnya daya saing produk.

Dengan penetapan harga produk UMKM  Indonesia yang terlalu mahal dalam tingkat kualitas yang jauh dibawah yang ditawarkan oleh luar negeri yang lebih innovatif, dan telah berhasil membangun branding berdasarkan innovasoi yang tinggi.

Cara mengatasinya: adalah untuk meningkatkan daya saing produk para pelaku UMKM agar lebih kreatif dan inovatif dalam memproduksi barang agar produk itu dilirik oleh dimana produk innovatif yang berbeda dengan produk sejenis lainnya. Bisa saja dengan menawarkan paket discount, atau free on delivery ataupun packaging yang lebih menarik yang mampu sebagai penarik demand calon pembeli.

Memang UMKM yang sebagian besar berasal dari komunitas biasa dalam masyarakat akan memiliki kesulitan untuk meingkatkan innovasi, akan tetapi kalau terus dicoba  ataupun merekruit marketing research dapat membantu.

Juga pengusaha UMKM tidak berhenti tetapi membuka diri untuk mengikuti pelatihan, dan pelaku UMKM harus aktif dalam menganalisa produk kompetitor. Hal ini penting diakukan untuk menganalisa  harga, trend bisnis, serta mencari ide inovatif yang bisa diterapkan untuk produk yang diproduksi. Dengan ketajaman analisa ini maka pengusaha UMKM dapat menentukan positioning produk itu dalam market secara luas.

3.Kurang Paham Bagaimana Cara Membesarkan Bisnis

Permasalahan selanjutnya adalah minimnya pengetahuan pengusaha UMKM tentang manajemen bisnis yang baik. Banyak pelaku UMKM hanya fokus memproduksi barang saja, tanpa memikirkan bagaimana strategi ekspansi lebih besar lagi.

Atau sering UMKM puas atas accomplishment yang telah tercapai sehingga puas bergerak dalam posisi statu quo tanpa disadari bahwa kompetitor sudah menyalib pangsa pasar nya. Akhirnya bisnis nya tidak berkembang malah ada indikasi menurun sebab tidak mampu mengikuti trend yang berkembang dalam pasar.

Cara Mengatasinya Agar pengusaha pelaku UMKM selalu meng up to date diri dengan perkembangan strategi bisnis terbaru,satu-satunya cara yang harus dilakukan banyak membaca,belajar menyelidiki, apalagi saat ini banyak informasi yang bisa diakses melalui internet.

Pelaku UMKM bisa belajar dari pengalaman yang dibagikan oleh pebisnis yang sukses melalui seminar,workshop, situs berita, jejaring sosial atau melalui tukar pikiran sesama pebisnis.

Juga disarankan bergabung dalam komunitas bisnis sebagai sarana untuk saling ketemu dengan para anggota dan dalam pertemuan itu dapat seling share untuk mengambil solusi dalam masalah yang sama yang dialami rekan sesama anggota. Dengan demikian pelaku UMKM dapat saling berbagi pengetahuan,wawasan,dan pengalaman bisnis lebih terbukan dan luas lagi.

4.Kesulitan Mendistribusikan Barang

Permasalahan UMKM selanjutnya terletak pada masalah pendistribusian barang. Selama ini banyak pelaku UMKM kekurangan channel dalam mendistribusikan produknya.

Kebanyakan hanya fokus mendistribusikan barang kepada beberapa kolega dan pengepul yang dikenalnya saja. Tentu cara pemasaran seperti ini masih sangat sederhana dan jangkauannya yang sangat terbatas.

Cara Mengatasinya: Aktiflah mengikuti pameran produk yang diadakan pelbagai lembaga pemerintah, swasta,maupun komunitas. Cara ini tidak ada salahnya dicoba untuk memperluas jangkauan channel yang baru dari waktu ke waktu.

Selain itu aktiflah menjalin kerjasama dengan berbagai merchant outlet yang bisa membantu memasarkan produk ditoko mereka. Dengan begitu, pendistribusian produk bisa lebih luas dan mengjangkau pasar yang baru.

5.Belum Memaksimalkan Pemasaran Online

Permasalahan UMKM yang kelima ini masih berhubungan erat dengan pon keempat yaitu sulitnya mendistribusikan barang.

Salah satu faktor yang menyebabkan pendistribusian barang UMKM adalah kurang meluas karena pengusaha belum melakukan pemasaran online.

Mungkin beberapa pelaku UMKM sudah memasarkan produknya secara online melalui media sosial,situs marketplace,dll, akan tetapi dalam prakteknya masih kurang maksimal. Sehingga hasil yang didapat pun kurang maksimal.

Cara Mengatasinya: Untuk memaksimalkan pemasaran on line, hal utama yaitu harus dilakukan pengusaha UMKM adalah memilih saluran pemasaran online yang tepat, lalu fokus memasarkan disaluran tersebut dan terus mengoptimasikannya.

Misalnya, seorang pengusaha kerajinan tangan sebaiknya memasarkan produknya melalui Istagram.Memang tidak ada salahnya memasarkan produk tersebut ke saluran lain,misalnya facebook atau situs marketplace.

Namun sebagai permulaan,sebaiknya folus memasarkan di satu saluran saja.Lalu lakukan optimasi secara berkala agar permasalahan disaluran tersebut menghasilkan peningkatan konversi.

Setelah fokus di satu saluran,pengusaha UMKM bisa menlanjutkan mengoptimasikan saluran yang lain, sehingga penjualan semakin meningkat.

Membuka peluang reseller,dropshipper yang tidak ada salahnya untuk mencoba.Dengan semakin banyaknyha orang yang mempromosikan produk,maka peluang terjadinya penjualan pun semakin besar.

6.Tidak Adanya Branding Adalah Permasalahan UMKM yang Cukup Serius

Salah satu permasalahan UMKM yang sering luput dari perhatian UMKM adalah branding. Belum banyak pelaku UMKM yang sadar akan pentingnya branding bagi produk dan juga usahanya. Branding ini adalah suatu profile yang menentukan positioning produk dalam market. Memang salah satu yang tidak gampang dilakukan adalah menentukan positioning in the market dan erat hubungannya dengan branding yang dipilih dan dipaterikan.

Kebanyakan pelaku UMKM hanya fokus menjual, menjual dan menjual, tanpa memikirkan bagaimana kualitas mereka dan produknya.

Padahal, menjaga kualitas branding,sangatlah penting dalam upaya membesarkan bisnis UMKM. Dengan kualitas branding yang baik,suatu produk akan lebih mudah diingat khalayak ramai.Sehingga peluang  terjadinya penjualan pun semakin besar.

Cara Mengatasinya Untuk meningkatkan kualitas branding produk UMKM adalah langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat) terhadap produk.

Artinya dicoba dianalisa dimana kekuatan,kelemahan,serta peluang dan ancaman terhadap produk yang di hasilkan.

Dari hasil analisa tersebut, coba ditemukan hala yang paling menonjol dan yang paling membedakan produk yang dihasilkan dengan produk lain.

Setelah ditemukan, cobalah untuk konsisten menonjolkan ciri khas produk yang dihasilkan sebagai materi promosi. Bagaimana konsistensi dalam mempertahankan ciri khas produk sendiri inlah yang akan menentukan bagaimana kualitas brand.

7.Tidak Melakukan Program Loyalitas Pelanggan

Tidak adanya program loyalitas pelanggan juga menjadi permasalahan UMKM yang cukup krusial. Kebanyakan pelaku UMKM belum memiliki perhatian yang besar dalam membuat program loyalitas pelanggan. Mulai dari  promo reguler, pendaftaran member, hingga komunitas pelanggan.

Padahal, menjaga loyalitas pelanggan sangatlah penting. Semakin sering ;pelaku UMKM melakukan program loyalitas  pelanggan, maka loyalitas pelanggan pun akan semakin menguat.

Dengan begitu, pelanggan akan lebih sering melakukan repeat order, dan bahkan dengan sukarela mempromosikan produk ke orang lain dengan mulut ke mulut.

Cara Mengatasinya: Untuk yang belum tahu bagaimana cara melakukan program loyalitas pelanggan yang baik, coba luangkan waktu sejenak untuk memikirkan ide besarnya, dengan memulai dengan mengadakan promo, misalnya melalui discount, cashback, giveaway dll.

Selanjutnya dapat mencoba merencanakan pendaftaran member untuk pelanggan setia misalnya memberlakukan diskon khusus bagi member yang aktif.

8.Masih Mengandalkan Pembukuan Secara Manual

Banyak yang tidak sadar jika pembukuan secara manual menjadi permasalahan UMKM yang cukup serius. Pembukuan secara manual ini rawan terjadinya kehilangan, kerusakan, dan bahkan kesalahan rekap.

Sehingga, pengusaha tidak bisa mengalisa hasil penjualannya secara tepat. Misalnya jika laporan penjualan pada hari tertentu tiba-tiba hilang, maka laporan penjualan keseluruhan pun akan amburadul.

Padahal, pembukuan yang baik adalah kunci yang penting. Dengan pembukuan yang baik, pelaku UMKM dapat menganalisa penjualan usaha secara tepat sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Selain itu, pembukuan yang baik juga menjadi syarat wajib untuk semua pengusaha yang ingin meminjam working capital dari bank.

Sehingga kembali pada permasalahan butir 1, jika pembukuan usaha buruk,maka dipastikan akan menemui kesulitan mendapatkan pinjaman modal usaha dari  bank.

Cara Mengatasinya: Sekarang mulai atur kembali cara melakukan pembukuan usaha setiap harinya. Tinggalkan cara manual dan mulailah melakukan pembukuan secara otomatis dengan bantuan software.

Direkomendasikan untuk menggunakan InterActiveMyProfit sebuah aplikasi kasir online berbasis Android yang bisa merekap laporan penjualan harian secara otomatis tercetak melalui aplikasi.

Juga tidak perlu takut kehilangan laporan penjualan,kaerna semua data di aplikasi InterActiveMYProfit dijamin lebih aman dengan fasilitas penyimpanan di cloud server.

Tidak hanya itu saja,untuk yang ingin mendapatkan laporan pembukuan secara lebih detail (laba, rugi, pajak dll) ada kabar baiokl kalau InterActiveMyProfit juga terintegrasi software akuntansi.

Sehingga tidak perlu susah payah menghitung  laporan penjualan secara manual. Dengan opmenggunakan InterActiveMyProfit, bisa diproduksi laporan keuangan akuntansi secara otomatis.

9.Tidak Mempunyai Mentor

Tanpa memiliki mentor bisnis,seorang pengusaha UMKM akan kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi. Pengetahuannya seputar bisnis menjadi terbatas dan akan menghadapi kesulitan melakukan inovasi produk.

Cara Mengatasinya: Untuk mengatasi permasalahan UMKM yang satu ini, maka pelaku UMKM harus memilih mentor bisnis yang bisa membimbing pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya.

Memiliki mentor bisnis tidak berarti mengharuskan untuk bersekolah bisnis atau bergabung dengan pelatihan eksklusif khusus pebisnis.

Yang penting harus tetap aktif untuk belajar keilmuan bisnis dari ahlinya. Bagaimana carrnya? Bisa belajar dari pelbagai sumber seperti buku,situs berita dll  seperti diuraikan dalam butir 2 diatas.

Anggaplah mereka mentor anda.

10.Tidak Memiliki Ijin Usaha Resmi

Permasalahan UMKM yang kesepuluh adalah tidak adanya izin usaha resmi,sehingga menghambat laju usaha. Jika Ingin mengembangkan usaha menjadi  lebih besar lagi, maka sudah waktunya mengurus izin resmi untuk usaha.

Cara Mengatasi: Carilah informasi mengenai prosedur mengurus  perzinan usaha,lalu tetapkan caranya satu per satu. Agar jangan salah langkah dapat konsultasi dengan ahlinya.

Demikianlah 10 masalah yang dihadapi UMKM dan cara mengatasinya maka Depertemen Terkait dalam hal ini Kementerian Koperasi dan UMKM sebagai Pembina dapat menyusun arah pembinaan untuk UMKN ini agar lebih berkembang.

DENGAN AKTIFNYA BISNIS MAKA TERCIPTALAH PALING SEDIKIT 10 INVESTASI MENGUNTUNGKAN YANG MEMPUNYAI RETURN TERBAIK YANG BISA DIMANFAATKAN UMKM SEBAGAI SUMBER PENDANAAN DAN MENANAM INVESTASINYA

Pengertian investasi selain menanamkan dananya didalam suatu penanaman modal, itu adalah cara mengakumulasikan kekayaaan untuk menghadapi masa depan yang seringkali penuh ke tidak pastian.

Dana pensiun, biaya pendidikan anak, beli rumah dan sebagainya butuh investasi. Bagaimanakah cara melakukan investasi berikutnya paling tidak ada 10 jenis jnvestasi yang mempunyai return terbaik yang bisa mudah dengan memanfaatkan innstrument jenis investasi berikut yang bisa dimanfaatkan oleh pribadi dan UMKN yang jeli melihat dengan berkembangnya instrument investasi ini dalam pasar.

1.Saham: Salah satu orang terkaya didunia berkembang dan hidup dari investasi saham

Saham memberikan keuntungan tertinggi diantara investasi lain. Kini selama Covid 19 ada kecendrungan saham dipasar modal nasional dan internasional menurun. Dan pada waktu inilah saham yang bagus dibeli pada waktu rendah harga jualnya dipasar modal, dan tatkala Covid 19 sudah usai harga saham saham itu akan pasti naik, dan disitulah saham dilepaskan maka akan memperoleh  return yang sangat besar dan menguntungkan.

Saya pernah mengalami itu,Suatu perusahaan harga sahamnya turun di pasar modal pada saat perusahaan itu menurunkan aktipitasnya dalam rangka merencanakan planning ekspansi, dimana pada waktu itu anggaran iklan dan kegiatannya agar statis karena konsentrasi management perusahaan mengadakan rencana pengembangan.  Atas rekomendasi pedagang saham dianjurkan membeli saham  perusahaan itu pada saat itu Rp 3000 per saham.

Tidak sampai 6 bulan  management perusahaan sudah siap dengan rencana ekspansi,         pertambahan modal di canangkan, ekspansi promosi di set up, dan revaluation asset dengan pembebasan pajak di miliki, maka modal saham, rekruitment manager professional ditambah dan  ekspansi perusahaan di launching maka  saham perusahaan itu naik jadi Rp.250.000 persaham dan saat itu saham itu dilepas alhasil saham yang dibeli  3000  saham dengan Rp.3000 per saham harga nominal Rp. 9.000.000 dilepas dengan harga Rp.250.000 per saham sehingga dengan penjualan Rp.750.000.000 untuk 3000 saham, dapat dilihat berapa ribu lipat return dalam penjualan saham itu. Kuncinya jeli membaca prospektus perusahaan yang go public itu dan rajin menghubungi pasar modal mengetahui trend harga saham di pasar modal.

Karena itu strategi dalam bermain saham perlu di hayati, dimana UMKM juga bisa menerjunkan diri dalam bisnis ini. Lakukan diversifiksi investasi dengan tidak menempatkan semua telor dalam satu keranjang tapi membagi pada beberapa instrument supaya kalau terjadi gejolak di pasar saham dapat bertahan. Fokus ke saham blu- chip jika masih pemula karena saham blue chip memiliki resiko paling terukur dan kinerja bagus dibandingkan dengan jenis saham lainnya.

Bermain saham jika dilakukan dengan benar,disiplin dan sabar akan memberikan return yang sangat baik. Pribadi maupun UMKM dapat mengisihkan dananya untuk diivestasikan dalam saham ini merupakan sarana pembelajaran mempelajari trend bisnis juga sebagai suatu alternative untuk memupuk working capital untuk usaha UMKM.

2.Saham Internasional

Investasi saham bukan hanya di pasar dalam negeri. Bahkan applikasi keuangan menyarankan investasi di pasar international yang paling laris seperti saham perusahaan yang sudah bertengger di pasar saham Hongkong, New York dan pasar saham internasional lainnya.

Memang harus dimaklumi bahwa resiko bermain saham juga tinggi tetapi return nya juga tinggi kalau kita jeli mempelajari trend di pasar, dan tidak itu tidak terlalu sulit bila memfokuskan pada saham blue chip saja. Bisnis ini akan cepat membuat pelaku menjadi pengamat dan pelaku bisnis canggih walaupun secara akademik pendidikannya tidak terlalu tinggi.

3.Investasi Emas

Emas adalah instrument investasi yang sudah sejak ribuan tahun lalu. Para orang tua menyarankan menyimpan investasi di emas. Semua sudah pasti tau keuntungan investasi emas, antara lain harga emas relatif stabil tahan inflasi dan mudah dijual.

Bila UMKM menyimpan sebagian keuntungan nya dalam emas dengan melakukan diversifkasi investasi juga telah membangun suatu backup fund yang tahan resesi untuk menopang eksitensi usaha UMKM nya.

Saat ini penjualan emas bisa dilakukan Pengadaian Digital dan Brankas LM Antam.

Resiko kehilangan emas lebih kecil karena dalam investasi emas online, fisik emas yang dibeli langsung disimpan penjual emas, yaitu Penggadaian atau Brankas Antam. Proses perintah jual emas dilakukan secara online,tanpa perlu ke kantor cabang, dan dana hasil penjualan emas otomatis masuk rekening si penjual dalam hari yang sama.

Beli emas bisa lewat platform e-commerce online, yang memudahkan bagi golongan milenial untuk mengakses investasi emas. Minimum investasi emas online sangat terjangkau bisa mulai dari Rp 5000 setiap pembelian emas yang tidak bisa dilakukan jika membeli emas di toko emas.

Fintech membawa perubahan yang signifikan dalam cara dan akses investasi emas menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau.

4.SBN Sukuk Syariah

Ingin investasi yang aman layaknya deposito tetapi memberikan keuntungan yang lebih baik? Adalah SBN ( Surat Berharga Negara).

SBN sangat aman karena diterbitkan Pemerintah Republik Indonesia. Pemerintah menerbitkan SBN yang bisa dibeli masayrakat termasuk UMKM.

SBN laris manis di investor asing karena bunga yang ditawrkan 6% sangat menarik dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Ada beberapa jenis SBN yang ditawarkan:

1. Savings Bond Ritel (SBRO adalah Obligasi yang dijual kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia dan merupakan laternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

2. Sukuk Tabungan adalah Surat Berharga Syaryah Negara yang merupakan instrumen investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Keuangn RI dan ditujukan bagi investor individu Warga Negara Indonesia.

3. Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Surat utang Negara yang dijual oleh Pemerintah kepada investor ritel di pasar perdana domestik, yang merupakan individual WNI investor ritel.

Keuntungan SBN bisa dari dua cara yaitu:

1. Pegang SBNM sampai jatuh tempo sehingga akan mendapatkan bunga SBN yang sudah ditetapkan sejak awal.

2. Menjual SBN sebelum jatuh tempo ke pasar sekunder yang akan dibeli oleh investor lain dengan harga tertentu.

Jika faktor keamanan menjadi pertimbangan utama, beli SBN bisa menjadi alternatif investasi menarik,dengan tingkat bunga lebih tinggi dari deposito dan tabungan.

5. P2P

Dengan berkembangnya bisnis keuangan didalam pasar, maka terciptalah suatu alternatif P2P yaitu  Peer To  Peer Lending adalah fenomena yang muncul berbarengan dengan Fintech di Indonesia.

Peer To Peer mempertemukan secara langsung antara  investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman. Dan kalau UMKM telah membangun komunitas maka lender dan borrower dapat dengan gampang bertemu dan deal dapat cepat terjadi bersarkan  mutual trust.

Pasar uang Amerika jual beli kertas IOU dapat jadi sumber pendanaan bagi pebisinis.

Pertemuan tersebut dilakukan secara online lewat teknologi informasi milik Platform P2P.

Contoh beberapa platform Peer To Peer di Indonesia, Modalku, Koinworks, Akseleran,  Amartha, Investree, dll.

Platform P2P memilih calon peminjam sesuai kriteria dan menetapkan profile risiko peminjam, lalu menempatkan calon ke markerplace P2P di mana investor memilih pemimjam yang akan didanai.

Mekanisme PeerTo Peer memberikan keuntungan investasi sebagai berikut:

Pertama: return yang ditawarkan lebih tinggi buat investor karena hubungan antara investor dan borrower, yang bisa mengalami return P2P 12 % sd 16 % setahun

Kedua penggunaan teknologi informasi membawa proses investasi di P2P berlangsung online dan efisien cocok untuk dunia digital saat ini. Hadirnya P2P memberikan alternatif instrument baru,untuk diversifikasi investasi dan menawarkan return yang menarik

Hanya saja perlu diketahui soal P2P adalah resiko gagal bayar peminjam, yang sepenuhnya ditanggung oleh investor, sementara platform p2p tidak menanggung gagal bayar peminjam

6. P2P Internasional

Industri P2P Peer To Peer Lending sudah maju di negara lain. Semua mempunyai kesempatan investasi di P2P internasional.

Adapun sebagai reference tentang P2P teknologi dan internet dapat disimak sbb:

1. Review Trading Forex Broker Terbaik Ijin Bappebti Indonesia (Mulai Rp 1 juta) Trading forex adalah instrument investasi yang tidak hanya menjanjikan return tinggi tetapi juga resiko besar.

2. Cara Kerja Social Trading Apps dan bagaimana sejarahnya. Bisa main forex trading dengan mudah meraup tambahan penghasilan meskipun belum punya pengalaman.

Salah satu P2P internasional adalah Mintos. Mintos adalah P2P dari  Latvia yang menyediakan market place untuk melakukan investasi dalam pinjaman di seluruh dunia.

Namun ada sedikit perbedaan antara Mintos dengan P2P di Indonesia.

Di Indonesia P2P menghubungkan antara peminjam  dengan investor secara langsung.

Sementara Mintos menghubungkan investor dengan loan originator, yaitu pihak yang menyediakan pinjaman dan menawarkan pinjaman yang sudah mereka biayai ke investor di marketplacde Mintos.

Ada beberapa hal membuat P2P membuat Mintos menarik sebagai investasi.

Pertama: return yang ditawarkan sangat menarik mencapai 8 % untuk jenis paling aman dengan jaminan sd 12 % yang beresiko tanpa jaminan per tahun dalam Euro Perlu digaris bawahi bahwa return Mintos dalam Euro tersebut, sangat jauh diatas return investasi Euro pada umumnya

Kedua: minimum investasi sangat kecil yaitu dimulai dari 10 Euro sudah bisa placement investasi di pinjaman dalam platform Mintos, yang membuat investasi P2P internasional Mintos menjadi sangat terjangkau.

Ketiga: tersedia ribuan pinjaman yang bisa dinvestasikan dalam platform Mintos, yang membuat diversifikasi lebih optimal karena dana investasi bisa disebarkan ke sangat banyak peminjam.

Keempat: Mintos menyediakan Buy Back Guarantee yaitu loan originator berjanji membeli kembali jika pinjaman diatas 60 hari, sehingga investor menerima jaminan bahwa uangnya kembali meskipun terdapat pinjaman menunggak.

Hanya perlu diingat bahwa investor menghadapi risiko nilai tukar jika melakukan investasi di P2P internasional.

Disamping itu proteksi buy-back guarantee di Mintos mengandalkan kekuatan loan originator yang bisa saja punya resiko tidak memenuhi kewajibannya,karena itu diversifikasi pendanaan kebanyakan pinjaman across loan originator adalah hal yang wajib dilakukan dalam investasi P2P di Mintos untungnya Mintos ribuan pinjaman yang bisa dibiayai.

7. Reksadana

Reksadana adalah investasi paling mudah dan murah untuk pemula.Investor cukup memilih dan menempatkan dana di Reksadana, selebihnya serahkan ke Manajer investasi untuk mengelola investasi itu. Kehadiran Fintech membuat proses investasi Rekasadana yang mudah menjadi semakin mudah.

Pertama: mnimum investasi Reksadana sekarang sudah bisa mulai dari rp 10 000 jumlah yang sangat terjangkau dan menjadi salah satu yang paling rendah diantara investasi lain

Kedua: banyak aplikasi investasi Reksadana online  ditawarkan saat ini,yang membuat akses ke investasi  Reksadana terbuka lebar untuk siapapun.

Ketiga: platform e-comerce Tokopedia dan Bukalapak, menerima investasi Reksadana, dengan melakukan kerjasama dengan pihak Agen penjual Reksadana. yang membuat Reksadana menjangkau kaum milenial anak-anak muda.

8. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka adalah jenis tabungan yang dikeluarkan bank yang memungkinkan nasabah mendapatkan bunga diatas rata-rata untuk target periode masa menabung tertentu, yang jika nasabah mengalami musibah bank menyediakan asuransi mengcover sisa masa menabung. Contoh tabungan berjangka adalah tabungan rencana Mandiri, tabungan pendidikan CIMB Niaga, tahapan BCA. Mungkin ada yang menganggap bahwa tabungan berjangka bukan investasi karena lebih bersifat simpanan dengan return yang lebih kecil dibandingkan dengan investasi lain. Namun melihat beberapa keuntungan tabungan berjangka yaitu

Pertama: concok untuk kebutuhan jangka pendek yang mengutamakan keamanan investasi, misalnya 3 bulan lagi digunakan untuk uang masuk sekolah anak, yang membutuhkan kepastian dana.

Kedua: memberikan kedisiplinan dalam melakukan setoran simpanan karena dalam tabungan berjangka sudah ada kontrak untuk menyetor uang via auto debet rekening selama periode tertentu dan tidak dapat dilakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.

Ketiga: meskipun bunga tabungan berjangka rendah dibandingkan investasi lain, tetapi dibandingkan tabungan reguler biasa, bunga tabungn berjangka masih lebih baik.

Keempat bank memberikan Gratis perlindungan asuransi jiwa bagi nasabah selama jangka waktu Tabungan Berjangka.

Tabungan berjangka menawarkan alternatif investasi untuk yang butuh simpanan resiko rendah dalam jangka pendek. Resiko tabungan berjangka hampir tidak ada,meskipun bunga tabungan kerja kecil, sehingga tabungan berjangka cocoknya untuk mencapai tujuan jangka pendek.

9. ETF

ETF adalah Exchange Trade Fund instrument investasi yang berbentuk kontrak kolektif dan unit penyertaannya dicatat dan diperdagangkan di bursa saham. Kalau reksadana saham, isinya adalah portfolio saham a, saham,b dan seterusnya, sementara ETF isinya adalah indeks, contoh JSX LQ 45 Index Fund (R-45ETF). Cara kerja ETF adalah (1) Perdagangan ETF diperdagangkan di bursa efek, sedangkan Reksadana Tidak diperdagangkan di burs efek (2) Minimum Investasi: ETF Tidak ada. Sedangkan Reksadana Sesuai dengan prospectus dan/atau fund fact sheet.

Keuntungan dari Investasi ETPL

1. Diversifikasi portofolio, misalnya seorang investor membeli indeks ETF LQ 45 secara otomatis investor memiliki sebuah portofolio yang terdiri dari 45 saham.

2. Relatif likwid, karena ETF diperdagangkan di burse efek.

3. Keuntungan deviden jika produk ETF melakukan pembagian dividen.

ETF ini cocok di pasar saham internasional

Misalnya, Seseorang cukup beli ETF S &P 500 di pasar Amerika untuk bisa memiliki semua saham perusahaan besar yang masuk dalam indeks S&P 500 tanpa perlu membeli  sahamnya satu persatu.

Dengan  ETF  investor bisa melakukan investasi pada pasar secara keseluruhan tanpa harus mengeluarkan dana besar dengan beli saham satu satu. Memiliki investasi pada pasar lewat ETF memberikan diversifikasi investasi yang luas, dengan biaya transaksi relatif murah.

Namun resiko ETF sama dengan resiko investasi saham pada umumnya, meskipun dengan investasi pada seluruh pasar saham memiliki resiko lebih rendah dibandingkan investasi lainnya disaham tertentu saja

10. Investasi Properti (Rumah atau Apartment)

 Properti adalah investasi yang paling dikenal.Investasi properti mengharapkan dua sumber keuntungan yaitu:

Pertama:  Kenaikan harga properti, seiring keterbatasan lahan dan bertambahnya populasi penduduk terutama dikota besar.

Kedua: uang hasil sewa properti jika properti disewakan yang memberikan penghasilan rutin selama masa sewa.

Investasi properti paling awal adalah saat membeli rumah sendiri untuk tempat tinggal.

Kenaikan nilai rumah setelah beberapa waktu bisa dijaminkan kebank untuk mendapatkan pinjaman multiguna atau jika membeli rumah tersebut dengan KPR maka bank bisa memberikan top-up atas pinjaman yang sudah ada. Seiring kenaikan harga tanah di tengah kota, harga rumah menjadi mahal dan apartemen menjadi alternatif pilihan masyarakat urban.

Investasi di apartemen menjadi pilihan dengan mulai banyaknya masyarakat mencari apartment sewaan ditengah kota. Namun, investasi properti apartemen perlu cermat atau resiko berikut:

Pertama, harga properti kenyataannya tidak selalu naik (seperti jargon yang sering kita dengar) karena trend harga properti saat ini menurun dibandingkan beberapa tahun lalu.

Bukti bahwa trend harga properti turun bisa lihat di nomor dua berikut:

Kedua, proses pemecahan sertifikat apartement membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibandingkan rumah, akibatnya investor tidak memanfaatkan sertifikat apartemen, misalnya, mengagunkan ke bank.

Meskipun properti adalah investasi yang hampir pasti dilakukan banyak orang, namun perlu sekali memperhatikan sejumlah resiko dalam investasi properti.

PERLU DI BANGUN LAGI UMKM YANG LEBIH BERKUALITAS

Struktur ekonomi negara yang kuat harus dibangun dengan 80% UMKM dimana pada saat ini kontribusi UMKM telah mencapai 60% dan 20% sebaiknya direncanakan diisi oleh UMKM yang lebih berkualitas.

Yang dimaksud lebih berkualitas adalah bahwa usaha UMKM itu didirikan berdasarkan Business Plan yang matang. Business Plan yang dapat dimengerti dan dilaksanakan pelaku UMKM sebelum mendirikan dan mengelola UMKM itu.

Business Plan itu adalah rumusan teori yang telah dibahas di pendidikan tinggi dimana mewujudkannya secara nyata harus terjun dilapangan dengan menerapkan BLUSUKAN yang telah berhasil diterapkan oleh Jokowidodo dalan menjalankan management dan leadership nya baik dalam bisnis maupun dalam pemerintahan secara luas. Materi pelaku UMKM itu adalah mahasiswa business semester 7 dan 8 suatu level persiapan menyelesaikan kesarjanaannya.

Para mahasiswa itu diberikan peluang dan tugas akhir sebagai kelengkapan kesarjanaannya adalah terjun kelapangan dan secara nyata mendirikan badan usaha UMKM dengan membangun organisasi lengkap yang  pada lajimnya sebuah perusahaan. Mahasiswa itu membentuk suatu kemitaraan yang terdiri dari  8 anggota dan posisi mereka dibagi terdiri dari General Manager, Marketing Manager, Sales Manager, Finance Manager, Production Manager, Distribution Manager, Advertising Manager, Quality Control Manager

Sebelum aktualisasi operational, mereka harus membuat Business Plan lebih dulu yang more or less seperti mereka pelajari di bangku kuliah. Adapun garis besar Busines Plan itu dapat di outline sebagai berikut.

Apa itu Business Plan, dapat dipahami sebagai pernyataan yang sifatnya formal mengenai alasan dan tujuan pendirian bisnis serta strategi yang akan dijalankan. Untuk mencapai tujuan itu Busines Plan akan berfungsi sebagai Blue-Print bisnis yang akan dirintis dan dijalankan.

Membuat Business Plan untuk UMKM ini tidak sekompleks Business Plan untuk Korporasi namun prinsip sama, before action, perlu dibangun landasan awal yaitu Business Plan.

Business plan penting bagi pelaku bisnis sebab memberikan inforamasi tentang kejelasan bisnis yang akan dikerjakan, identifikasi produk yang mau dihasilkan, detail pasar, cara memasarkan, menggali ide, mengenal struktur and strategi bisnis, termasuk juga pesaing.

Berkenan dengan hal tersebut pastikan pelaku bisnis itu mengenal komponen-komponen utama dalam Business Plan terlebih dahulu, yang secara sekilas pandang terdiri dari 6 komponen sebagai berikut

1. Intro atau ringkasan eksekutif

Awali dengan business plan dengan statement ringkas, Bisnis apa yang akan dijalankan

2. Permasalahan dan Solusi

Pada komponen ini berikan narasi bahwa dalam bisnis ini perlu ada rumusan permasalahan,dan rumusan solusi atas permasalahan yang ada sehingga mampu membuktikan pentingnya ide bisnis. Sadar atau tidak banyak pelaku bisnis melakukan kesalahan karena tidak mengindentifikasi permasalahan sejak awal dan rumusan solusi untuk menjawab permasalahan itu.

3. Iktisar Produk atau Layanan

Perlu dijelaskan bahwa produk atau layanan utama dalam bisnis yang direncanakan mampu menyelesaikan masalah itu. Bisa ditampilkan visual graphik sederhana tentang produk atau layanan dalam bisnis yang akan didirikan dan dikelola.

Juga dapat dijelaskan bahwa produk dan layanan yang akan dikelola mampu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat luas sebagai konsumen dan bagi Negara berupa pajak dan penyerapan tenaga kerja.

4. Analisa Pesaing

Selain menguraikan tentang target pasar, grup ini juga harus menjelaskan para pesaing yang berada dalam lingkup jangkauan bisnis yang akan didirikan. Perlu dibuat semacam perbandingan tentang harga,lokasi,kualitas,ragam produk atau layanan dan layanan pendukung antara bisnis yang akan didirikan dengan para pesaing nampak jelas. Tentu ini diperlukan bahwa produk atau layanan yang akan didirikan berbeda dengan para pesaing yang sudah operational

5. Model Bisnis

Harus dijelaskan detail bisnis mulai dari bagaimana melakukan operational, perolehan sumber bahan baku, menemukan pelanggan, pangsa pasar, penetrasi pasar, dan pengelolaan bisnis sehari -hari. Setidaknya ada 5 model yang harus didesain dan digunakan model penerimaan, pengembangan, distribusi, pemasaran dan  operational.

Model penerimaan berfokus pada strategi menghasilkan uang. Model pengembangan berfokus pada cara menciptakan produk dan berinovasi. Model distribusi menitik beratkan pada cara menjual produk. Model pemasaran menitik beratkan pada cara menarik dan mempertahankan pelanggan. Sementara model operational memperlihatkan cara bisnis berfungsi setiap hari. Dan ini semua harus dijalankan oleh pelaku bisnis yang mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman dan keahlian dari masing-masing tim kerja pada bisnis

6. Rencana Keuangan

 Rencana keuangan sangat penting. Suatu terjemahan  rencana  kegiatan mengalir dari marketing, selling, production, distribution,  dan semua rencana  kegiatan itu direfleksikan dalam rencana keuangan,dan diakhiri dengan Financial Projection dan Cash Flow Projection.

Rencana Keuangan ini adalah informasi yang sangat penting dalam pencarian modal, makin bagus rencana ini disusun semua orang atau lembaga yang membacanya tertarik untuk terlibat termasuk bank dan investor lainnya. Sebagus apapun Business Plan baru mempunyai bobot dan nilai apabila itu dipromosikan. Dan untuk itu harus dipilih media yang tepat dan kredibel, untuk mengkomunikasikan kepada semua yang berkepentingan yang terdiri dari target audience, banking, dan potential mitra dan business support yang lain.

Pada prisipnya bisnis harus dirancang secara matang agar mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Sebab itulah penting dibuat rencana bisnis untuk menggambarkan secara komprehensif tentang seluk beluk yang akan dijalankan.

Sekarang siapa-siapakah calon pelaku UMKM ini yang dapat merefleksikan peningkatan kualitas UMKM.

Grup ini adalah Semester 7 dan 8 mahasiswa yang sedang belajar pada tahapan akhir studinya.

Mereka diterjunkan menerapkan ilmu yang dipelajari  secara teori di bangku kuliah untuk di aplikasikan dalam praktek memakai pendekatan BLUSUKAN Jokowidodo.

Biar praktek ini sebagai keharusan, dan tentu mereka akan dibebaskan dari menulis skripsi sebab penulisan skripsi kurang memberikan dampak positif sebab para mahasiswa hanya mengandalkan menjiplak dan plagiat dan sangat sedikit yang benar-benar melakukannya secara benar dan genuine.

Mereka harus dibantu paling sedikit oleh 3 Kementerian yaitu Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian BUMN, dan Kementerian Pendidikan Vokasi (Agar lebih berwibawa sebaiknya diangkat yang menangani Vokasi selevel menteri). Mereka baru bisa lulus apabila telah berhasil memperoleh omzet bisnisnya Rp 10 miliar.

Ini rencana akan menambah UMKM yang lebih berkualitas, dan jumlah UMKM yang baru akan sangat significan karena jumlah mahasiswa akhir semester 7 dan 8 adalah jumlah besar yang dapat diandalkan untuk menjadi UMKM yang baru.

Dengan adanya pertambahan UMKM yang baru maka benteng ekonomi nasional yang bertambah kuat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun akan menarik dengan signifikan.

Utira telah memotori paket ini dengan membuka pendidikan semacam vokasi  di daerah daerah dengan memakasi PP 17 tahun 2010 sebagai payung hukum,namun harus kami hentikan program itu karena Dikti mengatakan tanpa ijin. Sekarang situasi sudah berobah dihajar oleh Covid 19 ini dipaksa menyelenggerakan pendidikan on line yang dulu dilarang Dikti dan sekarang pendidikan diselenggarakan dengan program digital.

Andaikata Pemerintah dapat menyelenggarakan program penciptaan UMKM yang baru yang berkualitas,Utira siap menjadi partner pemerintah menyelenggarakan program Vokasi dengan mengkordinasi semua lembaga terkait mewujudkan progam ini maka akan terciptalah ratusan ribu bahkan jutaan UMKM  yang berkualitas untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin kokoh.

DANA NON PROFIT ORGANIZATION

Pada organizasi perusahaan pendanaan  organisasi berasal dari modal yang disetor dan profit perusahaan yang di conversikan jadi Retained Earning. Bagi organisasi non profit sumber dananya telah indentifkasi dari beberapa sumber sbb:

1. APBN/APBD. Yang berasal dari pemerintah untuk kegiatan sosial dan bantuan Pembinaan  Hukum Nasional

.2. Donasi masyarakat

Merupakan sumber pendanaan potential yang dapat diakses dan digunakan oleh lembaga-lembaga non-profit untuk menjalankan program-program sekaligus untuk menjamin keberlanjutan organisasi.

3. Filantropis/Orang Super Kaya

Sejumlah orang super kaya baik level dunia maupun dalam negeri dikenal kepeduliannya dengan memberikan sumbangan/donasi untuk membiayai berbagai kegiatan sosial/kemanusiaan.

Sebut misalnya Bill Gates dengan istrinya Melinda Gates mendirikan Bill & Melinda Foundations yaang fokus untuk meningkatkan kualitas kehidupan dalam bidang kesehatan.

Di Indonesia sendiri, sederetan nama dalam jajaran orang super kaya juga memiliki minat di bidang kedermawanan sosial (filantrop). Beberapa kemudian mendirikan yayasan keluarga untuk menjalankan kegiatan di bidang filantropi. Sebut misalnya Yayasan Haji Kalla,CT Arsa Foundation, Mien R Uno Foundation, Willian and Lily Foundation , Yayasan Tahiya, dan sederetan yayasan keluarga yang bergerak di dunia filantropi

4. Lembaga donor Local

Berkaitan dengan visi dan misi serta fokus kerja Lembaga pada tema dan issu program yang mereka bidangi Ada donor yang fokus pada pengentasan kemiskinan dan kesenjangan ekonomi

Ada pula lembaga fokus pada isu perlindungan perempuan dan anak, ada yang fokus lingkungan, pendidikan, kesehatan, kesetaraan, demokratisasi dan sebagainya.

5. Lembaga donor Internasional

Sumber pendanaan organisasi non profit juga  berasal dari sejumlah lembaga donor internasional yang menyediakan dukungan dana program berupa hibah ataupun skema pendanaan lainnya. Jumlah ini bisa besar yang disalurkan melalui yayasan mitranya yang dikelola oleh yayasan local.

Namun sering pengiriman uang dari luar negeri mengalami kesulitan ke Indonesia. Organisasi atau perorangan dari luar negeri ingin menghibahkan dananya ke lembaga atau sahabatnya di Indonesia berupa kiriman cash melalui kurir diplomat mendapat perlakuan yang kurang patut dianggap sebagai penyeludup walaupun pengiriman itu telah disertai oleh certificate free from money laundry, free from drug,dan free from terorist.

Ada kalanya delivery dana tersebut dianggap tidak sah dan dilarang memasuki Indonesia dan dikembalikan kenegeri asal. Sehingga pengirim itu serahkan kepada kantor PBB regional, dan dana  seperti itu tertahan di gudang PBB regional Malaysia. Ada kiriman ke Indonesia yang dicurigai mendanai terorit ditampung di PBB Malaysia, dan diberikan kepada Negara untuk mengambilnya dengan bukti bahwa dana itu digunakan untuk sosial.

Kami dapat berkesempatan mengetahui informasi bahwa dana yang aturan ke Indoensia itu ditolak oleh Indonesia dan dibawa kembali keluar negeri disimpan di gudang PBB di Malaysia sebagai dana tidak bertuan dan terbuka pada negara mana saja pun bisa mengklaim, dan terbukti pada suatu masa Thailand berhasil mencairkan usd 200 juta atas permohonan Raja Thailand. Indonesia terlalu ditakut-takuti lembaga clearance dari luar negeri seperti IMF, Ecowas, Bafin Jerman, Asia Monetary Authorithy Singapore, Inter Bank Cooperation diSydney Australia, TAskl Force di Paris yang dengan bangga PPTAK Indonesia memperkenalkan bahwa mereka adalah anggotaTask Force di Paris dimana maksud dari tujuannya adalah agar Indonesia tidak menerima dana itu.

Karena itu dianjurkan agar kantor pengendali pemerintah seperti KPK, Bea Cukai, Badan Pengendali Narkoba, BIN, berpikir jernih dan berpihak pada sesama bangsanya di Indonesia.

5. Lembaga Pembangunan Internasional

Sumber pendanaan organisasi-organisasi non-profit antara lain juga berasal dari lembaga-lembaga internasional seperti World Bank, Asia Development Bank, Islamic Development Bank,ataupun lembaga lembaga di bawah PBB semisal UNDP,Unicef, UNHCR dan lainnya.

6. NGO Internasional

Peran yang dijalankan oleh NGO internasional salah satunya dapat berupa dukungan pendanaan bagi organisasi non-profit di Indonesia dalam berbagai skema kerja sama progam. Selain bekerja sama dengan organisasi non- profit di Indonesia sejumlah NGO international juga memberikan dukungan ataupun melakukan kerjasama dengan pemerintah melalui kementerian dan lembaga.

7. Pemerintah luar negeri

Contoh sumber dana yang berasal dari pemerintah luar negeri antara lain adalah bantuan pendanaan ataupun kerjasama program dari USAID, AUSAID dan lembaga serupa milik pemerintah negara lain.

8. Perusahaan/ Korporasi

Sumber pendanaan lain yang dapat diakses untuk membiayai program-program organisasi nonprofit sekaligus untuk menjamin keberlanjutannya adalah akses pendanaan yang berasal dari perusahaan/korporasi.

9. Sayap usaha/bisnis

Suatu organisasi non profit yang memiliki kegiatan usaha/unit bisnis. Beberapa kegiatan usaha yang menghasilkan profit antara lain berupa penerbitan buku-buku, menjual jasa pelatihan, menyewakan gedung/ruang pertemuan serta jenis lainnya yang dijalankan oleh organisasi  non profit untuk menunjang kegiatan perusahann/korporasi.

10.WILL. adalah hibah kepada lembaga non profit atau individual dari pedonor dari dalam/luar negeri  untuk dimaksudkan membantu orang yang berkekurangan, beasiswa, yatim piatu dan pemukiman. Sering menemukan kesulitan dalam penerimaan di dalam negeri oleh aturan aturan yang ujung-ujungnya untuk mendapat ijin dimana mendapat ijin itu selain berbelit belit juga involve banyak dana dan waktu.

11.Beberapa pengusaha atau perorangan diluar negeri ingin menanamkan investasi di Indonesia, dan siap mengirimkan dananya lebih dulu ke Indonesia dan mendirikan  perusahaan akan menyusul dan investasi seperti ini dapat didaftarkan sebagai investasi di BKPM, mohon dipirkan payung hukum untuk melindunginya.

Diperkirakan dana yang masih terkumpul di kas yayasan di Indonesia kini diperkirakan Rp 200 triliun dimana penggunaannya tidak secepat rencana karena Covid 19. Agar dana itu jangan idle, maka dianjurkan agar Kementerian Keuangan memotivasi mereka meinvestasikanya dalam Surat Berharga Negara (SBN) agar dana itu menghasilkan income.

Share This