Program Studi Teknik Sipil

Teknik sipil (civil engineering) adalah bidang ilmu yang berhubungan dengan analisis, perencanaan, desain, pembangunan, peme-liharaan dan perbaikan prasarana seperti jalan raya, pelabuhan, lapangan terbang, gedung bertingkat, bendungan dan bangunan-bangunan lainnya. Dalam melakukan pekerjaannya sarjana teknik sipil menggunakan pengetahuan dan keahlian di bidang matematika, fisika, mekanika, ilmu-ilmu sosial, ilmu-ilmu lingkungan dan ilmu-ilmu manajemen. Pembukaan program studi ini dilakukan sejalan dengan pembangunan Indonesia yang demikian cepat, terutama pembangunan fisiknya, sehingga perlu didukung oleh banyak sarjana teknik sipil yang handal. UTIRA membuka program studi Teknik Sipil yang juga dibekali dengan dasar-dasar ilmu Akuntansi dan Manajemen Strategi.

Visi   

Menjadi Program Studi Teknik Sipil  yang berkualitas, mandiri, berdaya cipta, dan mampu berkompetisi dan merespon mengembangkan IPTEK.

 

Misi  

  1. Mengembangkan & mentransformasikan pendidikan teknik Sipil secara professional
  2. Menghasilkan lulusan teknik arsitektur  yang mampu berkompetisi , mandiri , berdayacipta, mampu merespon perkembangan  persipilan.

Prospek Pekerjaan

Selama manusia dihadapkan pada permasalahan pembangunan fisik gedung, jalan, bendungan, pelabuhan dll selama itu pula seorang sarjana teknik sipil dibutuhkan. Dengan demikian lapangan kerja yang membutuhkan seorang Sarjana Teknik Sipil terbentang luas, tidak saja dalam aspek membantu roda pembangunan agar berjalan lancar, bidang pengembangan permukiman, tetapi juga bisa menjadi pengusaha swasta, wiraswasta, pegawai negeri, TNI, polisi, bank, asuransi maupun dalam bidang lain yang ada kaitannya dengan pembangunan sarana dan prasarana fisik.