Program Studi Matematika

Matematika merupakan ilmu dasar yang menjadi fundamen utama dalam membangun dan mengembangkan teknologi serta memverifikasi dan memvalidasi kebenaran teknologi. Jangan dahulu bicara tentang menciptakan teknologi ban? bila untuk memahami teknologi yang sudah ada saja kurang memiliki bekal yang cukup dala m penguasaan ilmu matematika. Oleh karena itu. Matematika dalam kurikulum pendidikan di Indonesia dipelajari dari mulai Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar dan sekolah Lanjut sampai ke Perguruan Tinggi. Pengusaaan Matematika Dasar bahkan dibutuhkan untuk semua orang yang akan mengambil jenjang akademis lanjutan progran S-2 dan S-3, tidak perduli jurusan atau ilmu apapun. Karena penguasaan Statistika, yang merupakan pengembangan terapan dan Matematika, adalah diwajibkan juga untuk calon S-2 dan S-3. Keniscayaan penggunaan analisis kuantitatif dalam semua disiplin ilmu merupakan bukti bahwa matematika merupakan ilmu dasar yang harus dipahami semua orang yang peduli kemajuan teknologi.

Visi   

Menjadikan program studi Matematika yang dapat mengembangkan tenaga yang unggul dan profesional dalam meningkatkan IPTEK ditingkat regional dan nasional pada tahun 2015

 

Misi  

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan IPTEK
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga praktisi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan  dibidang   matematika yang tangguh dan berkualitas.
  3. Mengembangkan dan memberdayakan potensi diri dan masyarakat untuk terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat demi memenuhi kebutuhan belajar masyarakat secara demokratis.

Prospek Pekerjaan

Ahli matematika dibutuhkan dalam setiap lapangan pekerjaan, dalam membantu roda pembangunan agar berjalan lancar, demikian juga dalam usaha swasta, wiraswasta, pegawai negeri, TNI, Polisi, Bank, asuransi, maupun dalam membantu keperluan sehari-hari dalam melaksanakan berbagai pekerjaan. Apalagi kebutuhan yang harus diisi ahli matematika dalam memenuhi dan mengimbangi kemajuann teknologi informatika dan elektronika yang begitu berkembang dengan cepat. Kebutuhan terhadap lulusan Program S-l Jurusan Matematika yang juga sangat menonjol adalah dalam kancah R & D Researh and Development). Setiap kegiatan penelitian dan pengembangan untuk menemukan teknologi baru sangat membutuhkan mereka.