Program Studi Biologi

Bila suatu negara tidak mau tersisih dan menjadi pecundang dalam persaingan global, maka harus mampu mengembangkan teknologi dan invensi berbagai produk dan jasa yang masih dibutuhkan masyarakat dunia. Salah satu produk dan jasa yang selalu ada selama dunia belum berakhir adalah produk makanan dan jasa pelayanan kesehatan. Penguasaan ilmu yang mendasari pengembangannya adalah sebuah keharusan. Salah satu ilmu dasar yang banyak digunakan dalam inovasi dan invensi produk dan teknologi baru dalam sektor pangan dan kesehatan adalah Biologi. Berbagai subsektor komoditas, dari pembuatan obat-obatan untuk manusia, hewan dan tanaman, bahan pengawet makanan, pembuatan bahan psikotropika yang banyak disalahgunakan untuk menangguk keuntungan sesaat seperti bisnis ekstasi, pembuatan vaksin berbagai penyakit, termasuk flu burung yang meresahkan dan menggoncangkan dunia, semuanya membutuhkan pengetahuan dasar Biologi.

Visi   

Menjadikan program studi  Biologi yang dapat mengembangkan tenaga yang unggul dan profesional  dalam meningkatkan IPTEK ditingkat regional dan nasional pada tahun 2015.

 

Misi  

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi.
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga praktisi dan peneliti muda dibidang Biologi yang tangguh dan berkualitas.
  3. Melaksanakan penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan melalui penelitian untuk menghasilkan temuan baru yang dapat diabdikan kepada masyarakat.
  4. Mengembangkan dan memberdayakan potensi diri dan masyarakat untuk terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat demi memenuhi kebutuhan belajar masyarakat secara demokratis.

Prospek Pekerjaan

Kebutuhan akan tenaga manajemen yang berkualitas sudah menjadi tuntutan pada era globalisasi. Lulusan program studi manajemen dapat diterima bekerja pada berbagai instansi pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta nasional maupun asing. Berbagai posisi atau jabatan yang dapat diduduki antara lain pegawai/ karyawan, manajer dan direktur.