Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi (S-1) telah berdiri semenjak tahun 1987 dan merupakan program studi unggulan di UTIRA-IBEK, serta telah terakreditasi oleh BAN PT. Tujuan pendirian adalah untuk meningkatkan kualitas SDM bangsa Indonesia terutama dalam bidang akuntansi dan mendukung upaya pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan nasional.

Visi   

Menjadi institusi penyelenggaraan proses belajar dan mangajar dalam bidang  akuntansi dan aplikasinya, yang mempunyai keunggulan dan penguasaan teori dan aplikasi di bidang Akuntansi.

 

Misi  

  1. Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang  Ekonomi melalui Strata Satu (S1) Ilmu Akuntansi.
  2. Mengembangkan program studi yang berkualitas memenuhi kebutuhan pasar lokal, regioanal dan global serta mengikuti perkembangan pengetahuan tentang akuntansi dengan segala aspeknya.
  3. Menghasilkan lulusan akuntansi yang mampu berkompetisi, mandiri, berdayacipta, mampu merespon perkembangan  akuntansi.

Prospek Pekerjaan

Permintaan akan tenaga akuntansi pada saat ini sangat tinggi dan terbatasnya jumlah sarjana menyebabkan program studi akuntansi jadi primadona. Lulusannya dapat diterima bekerja pada berbagai instansi pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta nasional maupun asing. Berbagai posisi atau jabatan yang dapat diduduki seperti pegawai/karyawan, manajer dan direktur. Bidang keahlian yang bisa dipelajari adalah perpajakan, sistem informasi akuntansi, auditing dan akuntansi manajemen.

Dengan penguasaan pengetahuan yang sangat baik banyak lulusan akuntansi membuka usaha sendiri seperti membuka konsultan pajak dan lain-lain.