Sastra Inggris

Latar Belakang

Penguasaan bahasa Inggris merupakan faktor penunjang pada bangsa Indonesia dalam mengembangkan peranannya dalam bidang regional, internasional maupun global. Banyaknya persoalan bisnis secara arbitrasi yang harus diselesaikan, banyak masalah bilateral yang menuntut pemahaman bahasa Inggris yang harus dipartisipasi, untuk itu diperlukan intelektual muda yang cakap sebagai organisator maupun negosiator untuk menjamin kepentingan nasional dapat dibentengi dengan kokoh.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dalam perkembangan kemajuan perdagangan dan hubungan internasional tanpa lintas batas negara telah dipergunakan sebagai bahasa dunia disamping beberapa bahasa lain, sehingga menempati posisi yang strategis dalam pengembangan tidak hanya dalam konteks perdagangan dan teknologi, tetapi juga berperanan dalam pembangunan bangsa agar tidak ketinggalan dengan bangsa lain dalam konteks global. Oleh karena itu kehadirannya dalam sebuah Universitas, yang berwawasan pengembangan kemampuan penguasaan keilmuan serta keterampilan penerapannya, masih sangat dibutuhkan.

Prospek Pekerjaan

Praktisi bahasa Inggris mampu mengemban berbagai tugas di berbagai bidang lapangan pekerjaan. Bekerja di perusahaan nasional maupun multinasional, trading, leasing, banking, asuransi, menjadi PNS, TNI dan Kepolisian, sebagai tenaga pengajar, pemandu pariwisata, biro perjalanan dan perhotelan, menjadi Diplomat, tenaga penterjemah di bisnis penerbitan, menjadi wartawan, penyiar radio dan televisi, di kegiatan penelitian dan banyak lagi yang membutuhkan tenaga dengan pengetahuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Matakuliah

Pendidikan Agama
Pendidikan Pancasila
Bahasa Indonesia
IAD/ISD
Stiidium Generale
Integrated Intensive English
Speaking I, II
Structure I, II, III, IV
Listening I, II
Reading I, II, III
Extensive
Writing I, II, III, IV
Introduction to General Linguistics
English Phonetics and Phonology
Introduction to Sociolinguistics
introduction to Psycholinguistics
Introduction to Literature
Prose
Drama
Poetry
Mata Kuliah Pengutamaan Kebahasaan (Contractive Linguistics and Error Analysis; Semantic, Sociolinguistics, Psycholinguistics, Pragmatics, Discourse Analysis, Second Language Acquisition)
Mata Kuliah Pengutamaan Kesusasteraan (Telaah Pranata Masyarakat Inggris, Ikhtisar Kesusasteraan Inggris, Telaah Prosa Lanjutan, Telaah Puisi Lanjutan, Telaah Shakespeare, Kritik Sastra)
Mata Kuliah Pengutamaan Penerjemahan (Ikhtisar Pengetahuan Kebudayaan Barat, Kaji Ulang Tata Bahasa , Kaji Ulang Tata Bahasa Inggris, Translation
Sejarah Kebudayaan
Manusia dan Budaya
Masyarakat dan Kesenian
Dasar-dasar Penelitian
Penelitian Pengajaran Bahsa Inggris
Seminar Penelitian Skripsi
Skripsi