Ilmu Komunikasi

Latar Belakang

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari proses timbal balik sinyal-sinyal yang dipertukarkan untuk memberi informasi, instruksi, atau membujuk berdasarkan arti bersama; dan dikondisikan oleh hubungan komunikator dan konteks sosial. Bukan hanya pemerintah yang memerlukan komunikasi, namun di dalam dunia bisnis, komunikasi telah menjadi satu alat penting untuk menjamin kesinambungan perusahaan. Untuk menghadapi kompetisi global yang semakin dashyat, setiap perusahaan berusaha untuk memperlengkapi organisasinya dengan praktisi humas yang handal,

Sebagaimana kita ketahui bahwa praktisi humas ini bekerja diberbagai lembaga seperti: bisnis, koperasi, yayasan, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, lembaga keagamaan, pemerintahan. Untuk mencapai tujuan mereka, lembaga-lembaga ini harus membina hubungan yang effektif dengan beragam masyarakat seperti: karyawan, anggota, pelanggan, lembaga lainnya, pemegang saham, dan masyarakat secara keseluruhan.

Prospek Pekerjaan

Praktisi komunikasi mengemban beragam tugas sesuai dengan jenis perusahaan dimana dia bertugas, misalnya di sektor: (1) manufaktur, melayani dalam pembentukan citra merek dan promosi produk, (2) pemerintahan, memberikan jasanya dalam hal sosialisasi kebijakan, penyuluhan kepada masyarakat, program wajib belajar, imunisasi dll., (3) pariwisata, praktisi humas melayani sebagai konsultan tujuan wisata dan biro perjalanan, termasuk hotel dan hiburan dan (4) keagamaan, praktisi humas memberikan jasanya dalam bidang dakwah, kerukunan umat beragama.

Matakuliah

Pendidikan Agama
Pendidikan Pancasila
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris I
Studium Generale
Marketing
Azas-azas Manajemen
Pengantar Antropologi Sosial Budaya
Pengantar Ilmu Politik
Pengantar Ilmu Komunikasi
Statistik Sosial
Pengantar Ilmu Hukum
Prinsip Akuntansi
Pengantar Psikologi
Pengantar Sosiologi
Metode Penelitian Sosial
Sistem Komunikasi
Komunikasi Masa
Komunikasi Politik
Perkembangan Teknologi Komunikasi
Dasar-dasar Humas
Komunikasi Pemasaran
Dasar-dasar Jurnalistik
Kewirausahaan
Kepariwisataan dan Perhotelan
Psikologi Komunikasi
Komunikasi Antar Pribadi dan Kelompok
Komputer Untuk Pengolahan Data
Praktek Kerja Lapangan
Manajemen Strategik
External Relations
Komunikasi Organisasi
Teknik Mencari dan Menulis
Publisitas dan Pameran
Internal Relations
Periklanan
Manajemen Humas
Humas Pariwisata dan Perhotelan
Praktek Humas
Humas dan Penerangan Internasional
Teknik Presentasi dan Negosiasi
Fotografi
Komunikasi Grafis
PR Consultancy
Humas Perusahaan dan Perbankan
Event Organizing
Humas Politik dan Pemerintahan
Marmeting PR
Produksi Televisi dan Film
Produksi Siaran Radio
Reputations Management
Seminar
Metode Penelitian Kualitatif
Skripsi