Program Studi Perikanan

Kita mengetahui bahwa perairan yang berada di bawah kedaulatan dan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia serta laut lepas berdasarkan ketentuan Internasional, mengandung sumberdaya ikan dan lahan pembudidayaan ikan yang potensial. Perikanan sangat memegang peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, terutama dalam meningkatkan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan dan peningkatan taraf hidup bangsa pada umumnya, nelayan, pembudidaya ikan kecil, dan pihak-pihak pelaku usaha di bidang perikanan. Potensi sumberdaya kelautan dan perikanan adalah sangat besar dan menjanjikan untuk digali seoptimal mungkin.

Dilihat dari potensi yang dimiliki memang tidak akan ada yang menyangkal bahwa Indonesia adalah tergolong negara yang memiliki sumberdaya alam perikanan yang melimpah ruah. Tapi sayang sejak Indonesia berdiri, sumberdaya perikanan yang dimiliki itu belum dapat digarap dengan optimal karena masih kurangnya tenaga ahli di bidang perikanan dan kelautan.

Sangat diharapkan bahwa nantinya para lulusan S-l Ilmu Perikanan UTIRA dapat berdayaguna untuk mensosialisasikan upaya-upaya dalam mengimplementasikan pembangunan perikanan dan kelautan ke tengah masyarakat dan generasi penerus bangsa

Visi   

Menjadikan Institusi Pendidikan Perikanan dan Kelautan yang unggul dalam menghasilkan sarjana perikanan yang bersaing internasional 

 

Misi  

  1. Mengembangkan SDM yang berkualitas, berdaya saing, berwawasan global.
  2. Mengembangkan program tri dharma perguruan tinggi yang bermutu dan inovatif dengan dukungan sarana-prasarana memadai serta sistem penjamin mutu.
  3. Mengembangkan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Timbul Nusantara-Ibek menjadi organisasi yang sehat dengan sistem tata kelola yang baik.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pengelolaan Perikanan dan Kelautan dengan mengembangkan kerja sama yang sinergis dengan lembaga pemerintah, industri dan perguruan tinggi lain di tingkat nasional dan internasional.

Prospek Pekerjaan

Lulusannya dapat diterima bekerja pada berbagai instansi pemerintahan, BUMN, perusahaan swasta nasional maupun asing. Berbagai posisi atau jabatan yang dapat diduduki seperti pegawai/karyawan, manajer dan direktur. Bidang keahlian yang bisa dipelajari adalah teknik pengelolaan perikanan, pengolahan produk perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan.

Dengan penguasaan pengetahuan yang sangat baik banyak lulusan perikanan membuka usaha sendiri seperti membuka peternakan ikan dan budidaya hasil laut.