Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari proses timbal balik sinyal-sinyal yang dipertukarkan untuk memberi informasi, instruksi, atau membujuk berdasarkan arti bersama dan dikondisikan oleh hubungan komunikator dan konteks sosial. Bukan hanya pemerintah yang memerlukan komunikasi, namun di dalam dunia bisnis, komunikasi telah menjadi satu alat penting untuk menjamin kesinambungan perusahaan. Untuk menghadapi kompetisi global yang semakin dashyat, setiap perusahaan berusaha untuk memperlengkapi organisasinya dengan praktisi humas yang handal.

Sebagaimana kita ketahui bahwa praktisi humas ini bekerja diberbagai lembaga seperti: bisnis, koperasi, yayasan, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi, lembaga keagamaan, pemerintahan. Untuk mencapai tujuan mereka, lembaga-lembaga ini harus membina hubungan yang effektif dengan beragam masyarakat seperti: karyawan, anggota, pelanggan, lembaga lainnya, pemegang saham, dan masyarakat secara keseluruhan.

Visi   

Menjadi institusi penyelenggaraan proses belajar dan mangajar dalam bidang Komunikasi dan aplikasinya, yang mempunyai keunggulan dalam penguasaan teori serta kecakapan dan penerapannya di lapangan kerja.

 

Misi  

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi calon intelektual di bidang Ilmu Komunikasi melalui program studi Strata 1 (S1) Komunikasi Bisnis.
  2. Mengembangkan program studi yang berkualitas memenuhi kebutuhan pasar lokal, regioanal dan global serta mengikuti perkembangan pengetahuan komunikasi.

Prospek Pekerjaan

Praktisi komunikasi mengemban beragam tugas sesuai dengan jenis perusahaan dimana dia bertugas, misalnya di sektor: (1) manufaktur, melayani dalam pembentukan citra merek dan promosi produk, (2) pemerintahan, memberikan jasanya dalam hal sosialisasi kebijakan, penyuluhan kepada masyarakat, program wajib belajar, imunisasi dll., (3) pariwisata, praktisi humas melayani sebagai konsultan tujuan wisata dan biro perjalanan, termasuk hotel dan hiburan dan (4) keagamaan, praktisi humas memberikan jasanya dalam bidang dakwah, kerukunan umat beragama.